//

Rahasia yang harus kamu ketahui untuk membangun kerajaan bisnis

Apa sih sebenarnya rahasia kesuksesan membangun kerajaan bisnis? Ada banyak sekali faktor, tetapi coba tanyakan pada HRD perusahaan dan pemilik usaha yang sukses dan mereka akan menjawab bahwa salah satu yang terpenting adalah kemampuan untuk mengakses sumber daya manusia (baca: worker) dengan bakat-bakat terbaik. Masalahnya adalah bakat- bakat terbaik tersedia hanya dengan biaya premium. Gaji tinggi, tunjangan wah, proteksi kesehatan kelas pertama, fisik kantor yang mentereng agar gengsi terangkat, dan lain-lainnya yang saya yakin Kamu dapat menambahkannya sendiri, adalah syarat agar mereka mau bergabung.

Mau tahu rahasia lain? Para pemilik usaha sukses akan setuju bahwa pekerjaan mereka yang terutama, terpenting dan tersulit sebenarnya adalah berpikir, terutama berpikir tentang strategi perusahaan, bukan sibuk menjalankan operasional perusahaan sehari-hari. Oleh sebab itu, Kamu perlu mencari cara agar Kamu terbebas dari sebanyak mungkin pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu agar Kamu memiliki waktu yang (lebih) banyak untuk berpikir.

Intinya adalah Kamu perlu mengoutsource semua jenis pekerjaan (task) yang bisa di-outsource, terutama pekerjaan yang dapat diselesaikan dengan (jauh) lebih berkualitas oleh orang lain dan pekerjaan yang menghabiskan banyak waktu Kamu. Perlu diperhatikan bahwa yang saya maksudkan sebagai “outsource” disini bukanlah memiiki karyawan penuh waktu (fulltime) tetapi tidak berstatus sebagai pekerja tetap pada sebuah perusahaan. Yang saya maksudkan dengan “outsource” adalah “mengalihkan pekerjaan (task) yang perlu diselesaikan kepada orang/pihak lain”.


Outsourcing bukanlah sesuatu yang perlu Kamu lakukan sekali-kali. Outsourcing adalah strategi yang harus Kamu lakukan setiap hari. Kamu bukanlah Superman. Mengerjakan segala sesuatunya sendiri hanya akan menghasilkan dua hal:
  1. Kamu menjadi overworked.
  2. Pekerjaan yang Kamu hasilkan dibawah standard.
Keuntungan dan Alasan Mengalihkan Pekerjaan.

Ini adalah beberapa keuntungan dan alasan mengapa Kamu dan/atau tim Kamu perlu mengalihkan pekerjaan kepada pihak lain:
  1. Kamu yakin ada orang lain di luar sana yang mampu mengerjakan pekerjaan ini dengan lebih cepat, lebih berkualitas, lebih murah, lebih indah, lebih aman dan kelebihan-kelebihan lainnya. Artinya Kamu yakin ada orang lain yang memiliki skill lebih tinggi daripada Kamu dan tim Kamu untuk menyelesaikan pekerjaan ini.
  2. Kamu merasa waktu Kamu dan/atau waktu tim Kamu (jauh) lebih berharga daripada dihabiskan untuk mengerjakan pekerjaan ini.
  3. Untuk meminimalkan resiko. Dengan mengalihkan pekerjaan kepada pihak yang lebih ahli, secara otomatis resiko Kamu berkurang.
  4. Kamu dapat lebih fokus pada pekerjaan inti.
  5. Kamu dan/atau tim Kamu akan memiliki waktu lebih banyak untuk mengerjakan apa yang seharusnya Kamu lakukan, pekerjaan-pekerjaan yang memang sesuai dengan skillset Kamu dan/atau tim Kamu.
  6. Bisnis Kamu berjalan 7x24 jam. Dengan mengalihkan pekerjaan ke banyak orang/pihak, bisnis Kamu bekerja dengan mesin berkecepatan jet, nyaris tanpa henti selama 24 jam sehari, 7 hari seminggu, 365 hari setahun.
  7. Kamu tidak perlu mempersiapkan infrastruktur yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan, seperti tempat kerja (kantor), komputer, printer, koneksi internet dan lain-lainnya. 

Luar biasa! Dengan sistem pengalihkan seperti ini, Kamu mendapatkan worker dengan bakat-bakat terbaik dan disaat yang sama, Kamu menghemat banyak biaya!

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Anda yang memberikan komentar yang berkualitas dan relevan terhadap Judul Artikel maka Anda berhak mendapat pulsa sebesar Rp. 10.000,- penentuan komentar berkualitas & relevan atau tidak, ditentukan murni oleh Juri (admin) dan tidak dapat diganggu gugat.

 
//