//

Mendeskripsikan Berbagai Bentuk Pasar Menurut Strukturnya



A.PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

   Dengan jumlah pedagang yang sangat banyak, mereka menjual jenis dan macam barang yang hampir sama. Tentu saja mereka akan bersaing dan berusaha menarik minat para calon pembeli. Dengan itu tentu saja kamu akan berusaha mencari tahu berapa harga rata-rata barang yang dijual para pedagang. Ciri-ciri yang tampak pada pasar tersebut mendekati pasar persaingan sempurna.
Jadi pasar persaingan sempurna (perfect competition market) adalah pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga tidak dapat ditentukan sendiri, baik oleh penjual maupun pembeli.

1.Ciri-ciri pasar persaingan sempurna
   a)Jumlah pembeli dan penjual sangat banyak
    b)Barang dan jasa yang diperjualbelikan homogen
    c) Pembeli dan penjual tahu keadaan pasar dengan
      sempurna
   d)Pembeli dan penjual bebas keluar masuk pasar
    e) Faktor-faktor produksi bebas bergerak
    f)Tidak ada campur tangan pemerintah

2.Menentukan keuntungan atau kerugian di pasar persaingan sempurna
Menentukan harga yang terbentuk merupakan hasil kesepakatan atau kekuatan permintaan dan penawaran dari pembeli dan penjual. Kamu tahu alasannya? Laba dikatakan maksimum ketika penambahan barang yang dijual tidak lagi menambah besarnya laba yang diperoleh. Artinya barang terakhir yang diproduksi menghasilkan penerimaan yang besarnya sama dengan biaya per unit.

3.Kebaikan dan keburukan pasar persaingan sempurna
·  Kebaikan :
     i. Mampu mendorong penghematan
    ii. Tidak memerlukan iklan
   iii. Pembeli dan penjual bebas bertindak
   iv. Harga tidak dikendalikan oleh satu penjual atau satu p
        Pembeli

· Keburukan :
     i. Tidak ada dana untuk penelitian dan pengembangan
       produk
     ii. Terbatasnya kebebasan memilih bagi pembeli
     iii.Produsen memberi gaji dan upah terlalu rendah demi
         penghematan

B.PASAR PERSAINGAN TIDAK SEMPURNA

Pengertian : Pasar dengan banyak penjual dan pembeli sehingga harga dapat ditentukan sendiri, baik oleh penjual maupun pembeli.

Bentuk-bentuk pasar persaingan tidak sempurna :
Pasar monopoli
Pasar monopolistik
Pasar monopsoni
Pasar oligopoli
Pasar oligopsoni

1.Pasar Monopoli
   a.Pengertian
Pasar monopoli adalah bentuk pasar yang hanya terdapat satu penjual saja. Dalam bentuk pasar ini hanya terdapat satu penjual sehingga praktis tidak ada pesaing (competitor) sehingga penjual atau monopolis leluasa menguasai pasar. Sebagai penjual tunggal, monopolis dapat meraih keuntungan yang melebihi normal.

b.  Macam-macam pasar monopoli
1) Alamiah  : Muncul karena keadaan alam yang khas.
2)Undang-Undang : Muncul karena pemberlakuan kebijakan / Undang-Undang. 
    Terdiri: Monopoli Negara, Hak cipta, Hak paten, Hak merk
3) Masyarakat: Muncul karena kepercayaan masyarakat.
4)Penguasaan teknologi dan tenaga ahli : Muncul karena menguasai teknologi dan tenaga ahli.
        5)Kemampuan efisiensi : Muncul karena mampu   menghemat / biaya produksi.
       6) Penguasaan bahan baku  : Muncul karena menguasai  
          bahan baku.

c.Ciri-ciri pasar monopoli
        1)Terdapat satu penjual
2)Harga ditentukan penjual (monopoli)
3)Perusahaan lain sulit memasuki pasar
        4)Konsumen tidak bisa pindah walau rugi
        5)Bisa menimbulkan ketidakadilan/kerugian bagi masyarakat

d.Kebaikan dan keburukan pasar monopoli
1)      Kebaikan :
i.Mampu melakukan penelitian dan pengembangan produk
ii.Dapat meningkatkan daya saing bila monopoli diperoleh karena kemampuan efisiensi
iii.Mudah mengontrol kepentingan orang banyak bila monopoli dilakukan negara
iv.Dapat meningkatkan inovasi (penemuan baru) bila monopoli terbentuk karena pemberian hak cipta dan hak paten

2)Keburukan :
   i. Perusahaan lain sulit memasuki pasar
  ii. Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
  iii.Jumlah produk tergantung monopolis
  iv.Monopolis umumnya bertindak boros
  v.Timbul eksploitasi terhadap pemilik faktor produksi dan pembeli/konsumen
  vi.Usaha pemerintah mengatasi keburukan

1)Membuat Undang-Undang/peraturan yang mencegah timbulnya monopoli
2)Menarik pajak tinggi kepada monopolis
3)Mengizinkan impor barang yang sama dengan barang monopolis
4)Ikut menentukan tinggi rendahnya barang
5)Membuat perusahaan sejenisPasar Monopolistik

a.       Pengertian
     Pasar monopolistik adalah suatu bentuk pasar yang terdapat banyak perusahaan yang menjual hampir serupa tetapi tidak sama. Pasar ini sering kita jumpai buktinya dengan kita mengunjungi swalayan atau supermarket. Disana kita akan menjumpai berbagai bentuk, jenis dan merek yang hampir serupa tetapi tidak sama.

b.Ciri-ciri pasar monopolistik
   1)Jumlah penjual banyak tapi tidak sebanyak pada pasar  persaingan sempurna
   2)Barang yang dijual berbeda corak
   3)Penjual/produsen harus aktif beriklan
   4)Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
   5)Mempunyai kekuasaan mempengaruhi harga

c. Kebaikan dan keburukan pasar monopolistic
  1)Kebaikan :
      a)Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
      b)Memberi kepuasan lebih pada pembeli karena ada persaingan penjual
      c)Perusahaan baru lebih mudah masuk pasar
  2)Keburukan :
      a)Masih terdapat kemungkinan terjadi pemborosan biaya produksi bila    dibandingkan dengan pasar persaingan sempurna
      b)Bagi perusahaan yang kecil, tingkat efisiensinya relatif rendah
c)Kurang efisiennya perusahaan kecil menyebabkan harga  barang yang dibayar konsumen masih kecil

Pasar Monopsoni
a. Pengertian
Pasar monopsoni adalah pasar yang dikuasai satu pembeli, apabila perusahaan itu bukan sebagai penjual tetapi sebagai pembeli tunggal. Contoh : pabrik susu Nestle.

b.Ciri-ciri pasar monopsoni
   1) Hanya ada satu pembeli
   2)Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
   3)Barang yang dijual merupakan bahan mentah
   4)Harga sangat ditentukan pembeli


Pasar Oligopoli
a.Pengertian
      Pasar oligopoli adalah suatu bentuk pasar yang terdapat beberapa penjual dimana salah satu atau beberapa penjual bertindak sebagai pemilik pangsa pasar terbesar (price leader).

b. Ciri-ciri pasar oligopoly
1)Terdapat beberapa penjual
        2)Barang yang dijual homogen atau beda corak                                                       
        3)Sulit dimasuki perusahaan baru
        4)Membutuhkan peran iklan
        5)Terdapat satu market leader (pemimpin pasar)
        6)Harga jual tidak mudah berubah

c.Macam-macam pasar oligopoly
1) Oligopoli murni: menjual barang yang homogen.
     Contoh : pasar semen
2) Oligopoli diferensial: menjual barang yang berbeda corak.
     Contoh : pasar mobil, pasar sepeda motor


d.Kebaikan dan keburukan pasar oligopoly
Kebaikan :
        1)Memberi kebebasan memilih bagi pembeli
2) Mampu melakukan penelitian dan pengembangan 
     produk
3)Lebih memperhatikan kepuasan konsumen karena adanya  persaingan penjual
4)Adanya penerapan teknologi baru
Keburukan :
1)Menciptakan ketimpangan distribusi pendapatan
2)Harga yang stabil dan terlalu tinggi bisa mendorong r

e.        Usaha pemerintah mengatasi keburukan
1)Mengeluarkan Undang-Undang anti trust
2)Memberi kemudahan bagi perusahaan baru untuk masuk   pasar

Pasar Oligopsoni
a  Pengertian
Pasar oligopsoni adalah kondisi pasar dimana terdapat beberapa pembeli, masing-masing pembeli memiliki peranan cukup besar untuk mempengaruhi harga. Atau dikatakan pasar yang dikuasai oleh beberapa pembeli.

b.      Ciri-ciri pasar oligopsoni
        1) Terdapat beberapa pembeli
2) Pembeli bukan konsumen tapi pedagang/produsen
3) Barang yang dijual merupakan bahan mentah
        4) Harga cenderung stabil

c. Kebaikan dan keburukan pasar oligopsoniKebaikan :
1) Penjual lebih beruntung karena bisa pindah ke pembeli  lain
2)Pembeli tidak bisa seenaknya menekan penjual

Keburukan :
1)Bisa berkembang menjadi pasar monopsoni bila antar pembeli bekerja sama
        2)Kualitas barang kurang terpelihara
                                                                     

C. CAMPUR TANGAN PEMERINTAH DALAM MEKANISME PEMBENTUKAN HARGA
        1.Menetapkan harga:  Harga eceran tertinggi (harga maksimum) dan harga eceran terendah (harga
           minimum/harga dasar)
        2.Memberikan subsidi: Kepada pihak penghasil kebutuhan pokok dan kepada perusahaan agar mampu bersaing  dengan luar negeri
3. Menetapkan pajak: Pajak rendah atau 0 untuk bahan baku industri dan pajak tinggi untuk barang-barang mewah
4.Melakukan operasi pasar : Dengan jalan membeli saat barang melimpah dan menjual saat barang sedikit

Related Posts

0 komentar:

Post a Comment

Anda yang memberikan komentar yang berkualitas dan relevan terhadap Judul Artikel maka Anda berhak mendapat pulsa sebesar Rp. 10.000,- penentuan komentar berkualitas & relevan atau tidak, ditentukan murni oleh Juri (admin) dan tidak dapat diganggu gugat.

 
//